Dua ratus peserta dari 3 kabupaten/kota berpartisipasi dalam Gebyar ke-5 Prodi PGMI IAIN Langsa

Himpunan Mahasisiwa Jurusan (HMJ) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Langsa menggelar Gebyar PGMI ke-5 pada 7 – 8 November 2023 di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, aula barat dan timur gedung birokrat IAIN Langsa.  Acara ini dihadiri siswa-siswa tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA dari se-3 kabupaten/kota (Aceh Timur, Kota Langsa, dan Aceh Tamiang).  Tahun ini gebyar PGMI mengusung tema “Mengasah Potensi Bakat Generasi Z dan Alfa yang Integritas dan Berjiwa Kompetensi sebagai Upaya Menjaga Kearifan Lokal”.

Beragam lomba yang diselenggarakan dalam Gebyar PGMI ke-5 ini. Ada 3 cabang lomba untuk tingkat SD/MI yaitu ranking 1, tahfidz, dan tari kreasi. Tingkat SMP/MTs diadakan lomba ranking 1 dan tahfidz. Sementara itu, lomba ranking 1, drama musikal, dan tahfidz untuk SMA/SMK/MA. Peserta perlombaan ini sejumlah 228 peserta: 111 peserta dari tingkat SD/MI, 64 peserta tingkat SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA 53 peserta.

Kegiatan ini didukung oleh seluruh civitas akademika IAIN Langsa. Dalam pembukaannya, Ketua Program Studi PGMI IAIN Langsa, Chery Julida Panjaitan, M.Pd. mengatakan, “Kegiatan yang pure diprogramkan oleh mahasiswa PGMI ini insya Allah akan digelar setiap tahun untuk melatih mahasiswa berkreativitas, berinovasi, bertanggung jawab, dan bermanfaat. Kegiatan ini bagian dari wujud mencetak generasi masa depan yang berjiwa kompetitif dan tetap melestarikan budaya lokal. Perkembangan zaman tidak harus menggerus budaya yang penuh dengan makna kehidupan”.

Dekan FTIK IAIN Langsa, Dr. Amiruddin Yahya, M.A., menegaskan bahwa jiwa kompetif generasi Z dan Alfa perlu ditumbuhkan demi membangun generasi yang handal di masa depan. Tidak hanya berkembang dalam kancah lokal, generasi ini nantinya bersaing dengan teknologi dan peradaban dunia. Beliau juga mengharapkan generasi tidak meninggalkan budaya sebagai kearifan lokal. Budaya merupakan tonggak sejarah menuju masa depan. Gebyar ke-5 Prodi PGMI ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Iskandar Budiman, M.CL. Dalam sambutannya, Beliau juga menyetujui bahwa generasi Z dan Alfa perlu mengusai teknologi agar mampu berkompetitif di kancah internasional. Kemajuan bangsa ditentukan sejak dini sehingga terbentuk karakter ke arah positif.

Tidak menang bukan berarti kalah. Perlombaan ranking 1 pada tingkat SD/MI diraih siswa MIN 2 Langsa, tingkat SMP/MTs diperoleh siswa MTs Bustanul Huda, dan tingkat SMA/SMK/MA dipegang MAN 1 Aceh Tamiang. Pada cabang tahfidzh dimenangkan oleh siswa MIN 2 Langsa tingkat SD/MI, Madrasah Lukmanul Hakim pada tingkat SMP/MTs, dan MAN 2 Langsa pada tingkat SMA/MA/SMK. Tim MIS Terpadu Tahfidz Al-Mubarak membawa piala juara 1 pada cabang tari kreasi. Juara cabang lomba drama musikal diperoleh tim dari MAN 2 Langsa. Selain dari dukungan IAIN Langsa, kemeriahan Gebyar ke-5 Prodi PGMI ini juga disponsori oleh Baitul Mal, Tari, Amiqu, dan draiv.

 


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *