PBI FTIK IAIN Langsa Adakan Visiting Lecturer

Program Studi Pendidikan Bahsa inggris FTIK IAIN Langsa melakukan kegiatan visiting lecturer yang disebut dengan Dosen Tamu melalui aplikasi Zoom. Kegiatan ini menghadirkan Dr. Selnistia Hidayani, M.Pd dari UIN Maulana Malik Hasanuddin, Banten. Kegiatan ini berlangsung pada hari Kamis, 09 Novembr 2023 dari pukul 08.30 s.d selesai dengan tajuk Integrating Technology in English Language Teaching.

Dekan FTIK, Dr. Amiruddin Yahya Az-Zawy, MA memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan ini. Beliau mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah bentuk kepekaan Prodi dan Fakultas dalam menyoroti perkembangan dan pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan, sehingga menjadi relevan menjadi tajuk diskusi.

Dalam sambutannya, Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris FTIK, Dr. Fakhrurrazi, M. Hum., mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penting terkait dengan diseminisasi pengetahuan sekaligus sebagai ajang sharing terkait dengan dinamika dan perkembangan serta pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan.

Wakil Dekan Bidang Akademik, Mhd. Rasid Ritonga, MA., dalam sambutannya mengatakan bahwa visiting lecturer merupakan sarana memperoleh pengalaman bagi dosen dan mahasiswa terkait pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan. Lebih lanjut, beliau mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan sinergi dari FTIK IAIN Langsa dan FTK UIN Maulana Malik Hasanuddin, Banten dalam membangun jejaring akademik yang lebih luas.

Selnistia Hidayani dalam paparannya mengelaborasikan materinya dengan menjelaskan latar belakang terjadinya perubahan (changing) dalam proses pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi. Pesatnya perkembangan penggunaan teknologi ini terjadi saat pandemi Covid-19 melanda, dimana pembelajaran berubah dari interaksi langsung didalam kelas menjadi interaksi diruang ruang virtual. Selain itu juga bahwa perubahan juga terjadi seiring dengan perubahan dan pergantian Tren dalam dunia pendidikan yang bersifat dinamis. Dengan perubahan-perubahan tersebut, pendidik berupaya untuk menemukan model pembelajaran dan memfasilitasi pengalaman belajar yang efektif.

Terdapat banyak sekali manfaat dari mengintegrasikan teknologi dalam pendidikan, khususnya dalam proses pengajaran dan pembelajaran bahasa, diantaranya; penggunaan teknologi dapat mendorong cara belajar aktif, meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam aktifitas pembelajaran. Teknologi juga dapat menyokong pengembangan bahan ajar yang dapat mempermudah penjelasan konsep – konsep bahasa yang kompleks. Dengan banyaknya sumber belajar yang difasilitasi oleh teknologi, pendidik dapat memilih dan memilah bahan ajar-bahan ajar tersebut dan menyesuaikannya dengan kebutuhan siswa dan cara belajar siswa yg beraneka ragam.

Diantara cara mengintegrasikan teknologi dalam pengajaran bahasa diantaranya dengan menggunakan applikasi pembelajaran bahasa, menggunakan platform online seperti Quizlet, memrize, online quizzes, digital story telling dan gamifications.

Pendidik pada umumnya dan pengajar bahasa secara khusus, harus mampu mengoptimalisasikan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan, teknologi tidak hanya memungkinkan pembelajar untuk mempelajari keterampilan berbahasa asing, namun juga keterampilan-keterampilan lain yang dibutuhkan dalam kehidupan pada abad modern ini.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *